Minggu, 04 Maret 2012

Aku Mengeja Kata, dengan Huruf 'Aa'

Aku belajar mengenal kata
dengan mengenal huruf penyusunnya,
berderet-deret tak jelas bentuknya
bagiku yang dulu masih buta aksara
Tertulis 'A' maka mulut harus dibuka
bentuknya seperti segitiga,
ah, segitiga, macam apa pula
mana faham aku gambarnya
yang kutahu dulu waktu masih buta aksara
Huruf 'A' maka ditulis 'A'
Tarik dua garis lurus membentuk sudut di atasnya
Lalu hubungkan dengan sebuah garis pendek di tengahnya
Buka mulut untuk melafalkan huruf 'A'
Ada juga yang lain bentuknya
Jika 'A' yang begitu, huruf kapital dia punya nama
Ditulis 'a' lebih kecil dari 'A'
pun bentuknya berbeda
tapi sama lafalnya
buka mulut dan ucapkan 'Aa'
'A' atau 'a' huruf pendahulu dari abjad lainnya
Ketika ditanya kenapa
maka sudah dari dulu jawabannya
Mungkin karena berasal dari 'alfa'
tapi lanjut ditanya kenapa 'alfa' jadi yang pertama
maka suka-suka saja jawabnya
Dari 'A' aku mengeja
Dari 'A' aku tahu kosakata
Dari 'A' yang jadi abjad pertama
Dari 'A' yang jadi awal abjad lainnya
aku mulai belajar huruf setelah mengenal 'Aa'
begitu bentuknya, begini bunyinya
'Aa'
buka mulut dan lafalkan 'Aa'
Dari 'Aa' berlanjut huruf berikutnya
aku belajar mengeja
berderet-deret huruf lainnya
disambung beraneka rupa
jadilah kata-kata
aku mengenal 'cinta'
itu 'a' dibelakangnya
ada 'muara'
'a' nya malah ada dua
ratusan bahkan ribuan kosakata
tersusun huruf 'a' di dalamnya
dari 'Aa' aku mencintai kata-kata
Bahkan yang luar biasa
huruf 'Aa' telah menyusun coretan ini yang tak berharga
membuat kata-kata
dengan 'Aa' di dalamnya
Huruf 'Aa' ada di sana
Dan tulisan ini ada tiga ratus lima belas huruf 'Aa'
hitung saja bila tak percaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar